Berpergian sendirian? Siapa Takut





Jalan-jalan sendirian ke luar kota? ihh takut. Kadang malah khawatir atau bingung. Itu sebagian yang dipikirkan orang lain. Tidak dengan diriku. 
Aku senang banget kalau jalan-jalan sendirian. Tujuannya biasanya ke rumah teman atau tempat wisata. Terkadang, kalau tempatnya belum aku ketahui, seraching dulu gimana cara sampai disana dengan public transportation. 
Yup, Aku lebih memilih naik transportasi umum daripada pribadi (Alasan buat orang yang belum memiliki kendaraan sendiri). Tentunya juga bisa ngobrol2 dengan orang asing. Namun tetap harus waspada. Pernah aku naik bus jurusan Semarang. Tiba-tiba ada mbak duduk di sebelahku. Dia ngajak ngobrol terlebih dahulu. Sekian menit berbasa basi, kita tukeran no hp. Sampai sekarang malah masih komunikasi meskipun jarang banget.

Di sini aku bakal kasih tips and trik supaya kamu berani dan gak bingung berpergian sendirian. 

1. Niat dan tekat
 Tanpa ada niat dan tekat, segala sesuatu tidak akan terjadi. Jika kamu ingin merasakan jalan-jalan sendiri, niat harus kuat. Sugestinya pun harus positif. Tanamkan keberanian juga sebelum pergi.

2. Searching kendaraan
Ini hal yang paling krusial. Sebelum berpergian alangkah baiknya mencari informasi bagaimana cara sampai ke tempat tujuan. Enaknya lagi kalau ada teman di daerah yang akan dituju. Biasanya aku pergi ke luar kota yang temanku sudah stay disana. Aku tanya- tanya dulu kalau ke sana  naik bus atau angkot nya jurusan apa. Kalau enggak ada teman di tempat yang akan dituju, ya seraching di google. Biasanya aku membaca pengalaman orang lain di blog. 

3. Hitung budget
Soal keuangan waktu berpegian itu hal yang paling penting juga. Jika engga ada uang, ya tidak bisa pergi. Betul kan? Atur dulu berapa uang yang akan dikeluarkan. Pisahkan uang transport, makan, menginap, dan jalan-jalan. 
Jika ada kenalan lebih baik tidur di tempat tinggal kenalannya itu. 

4. Pakaian
Bawalah baju yang cukup untuk berpergian. Namun, alangkah lebih baik bawa bajunya dilebihkan. Misal nih, kamu akan berpergian selama 2 hari. Pakaian yang dibawa 2 stel plus ditambah 1 stel. Tujuannya buat berjaga-jaga saja. Sedia payung sebelum hujan lebih baik bukan? 

5. Penunjang lainnya
KTP, tiket, dan kartu transportasi perlu banget diperhatikan. Biasanya kalau pergi ke luar kota tiga item itu sangat dibutuhkan. 
Misal nih pas aku ke Jakarta. Ketika aku naik bus transjakarta atau MRT harus menggunakan kartu T-Money. Bagaimana kalau belum punya? Tenang, di loket station bus or MRT sudah ada yang jual. Harganya sekitar 50 ribu (jika belum naik harga). Tapi, bila naik MRT bisa juga pesan tiket langsung di loket, nanti akan diberikan kartu T-Money oleh petugas. Kamu harus sabar jika harus mengantri panjang. Maklum, warga Jakarta kan over-crowded. 
Lebih nyaman bila punya T-money sendiri, bisa top up dimana saja dan kapan saja. Bahkan tidak perlu antri panjang. hehehe

6. Jangan sungkan bertanya
Malu bertanya sesat di jalan. Istilah itu kalau dipraktekan akan membawa keberkahan. Bila kamu tidak malu bertanya, pasti tidak akan tersesat. Beda lagi kalau malu bertanya,  pasti sudah plonga plongo saja. 
Ketika tidak tahu bus mana yang akan dituju. Atau belum tau cara naik MRT. Tanyalah! Petugas pasti akan mengarahkannya. 


Itulah caraku berpergian sendirian. Terkadang aku pun masih merasakan takut ketika jalan-jalan seoarang diri. Namun, jika rasa itu selalu dipendam aku tidak punya pengalaman yang luar biasa. Kalau kamu?

Comments